Pengertian Teks Editorial, Struktur, Kaidah, Dan Tujuannya

Teks Editorial – Teks editorial atau sering disebut dengan tajuk rencana pada umumnya banyak dimuat di berita-berita surat kabar. Karena teks dari tajuk rencana ini sangatlah cocok untuk dimuat di surat kabar, misalnya seperti koran dan surat kabar. Selain itu tema tulisan dari tajuk rencana sendiri banyak membahas yang sedang dibicarakan secara luas oleh semua kalangan. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan mengenai dari teks editorial secara terperinci.

PENGERTIAN TEKS EDITORIAL
Teks editorial merupakan salah satu teks yang berisikan tentang pendapat pribadi seseorang pada suatu isu ataupun masalah yang aktual. Biasanya isu tersebut meliputi masalah yang berhubungan dengan sosial, politik ataupun ekonomi yang mempunyai hubungan signifikan terhadap masalah politik.

STRUKTUR TEKS EDITORIAL
Struktur teks merupakan bagian-bagian terpisah yang berfungsi untuk membangun sebuah teks menjadi sebuah teks yang utuh dan bagus. Pada umumnya struktur teks sendiri dibagi menjadi tiga bagian yaitu pernyataan pendapat, argumentasi, dan pernyataan ulang pendapat.


Pernyataan pendapat (thesis statement) merupakan suatu pernyataan pendapat yang di dalamnya berisikan topik tentang sebuah permasalahan yang akan dibahas.
Berbeda dengan pernyataan pendapat, argumentasi sendiri merupakan sebuah pendukung yang berfungsi untuk memperkuat suatu opini yang akan hendak disampaikan. Biasanya pendukungnya berupa fakta-fakta mengenai topik yang akan disampaikan.

Sedangkan pernyataan ulang pendapat adalah bagian akhir dari teks opini yang berisikan suatu penegasan kembali terhadap pendapat yang telah disampaikan

KAIDAH KEBAHASAAN TEKS EDITORIAL
Kaidah kebahasaan merupakan suatu aturan dan ketentuan bagaimana cara menggunakan bahasa baik secara lisan maupun tulisan. Pada umumnya kaidah kebahasaan sendiri dibagi menjadi 6 bagian, yaitu adverbial, konjungsi, verba material, verba relasional, verba mental dan kosakata. Berikut ini penjelasan dari ke enam bagian dari kaidah kebahasaan.

1. ADVERBIA
Adverbia atau yang sering disebut kata keterangan merupakan kelas kata yang memberikan keterangan didalam kata lain. Misalnya verba (kata kerja), adjektiva (kata sifat), dan yang bukan nomina (kata benda).

2. KONJUNGSI
Kata sambung atau yang sering disebut dengan konjungsi merupakan kata yang berfungsi untuk menghubungkan suatu kata-kata, ungkapan, ataupun kalimat. Konjungsi sendiri tidak bisa dihubungkan dengan objek, tidak menerangkan kata dan tidak untuk tujuan ataupun maksud lain.

3. VERBA MATERIAL
Verba material merupakan kata kerja berimbuhan yang mengacu pada suatu tindakan secara fisik. Selain mengacu pada tindakan fisik verba material juga mengacu pada perbuatan yang dilakukan secara fisik oleh partisipan ataupun aktor.

4. VERBA RELASIONAL
Verba relasional merupakan verba yang menunjukkan suatu hubungan yang intensitas. Biasanya verba relasional lebih menekankan pada suatu kata kerja yang berfungsi sebagai penghubung antara subjek dengan pelengkap.

5. VERBA MENTAL
Verba mental merupakan verba yang berfungsi untuk menerangkan suatu persepsi, afeksi dan kognisi. Di dalam verba mental sendiri terdapat suatu partisipan pengindra dan fenomena.

6. KOSAKATA
Kosakata merupakan kata yang berungsi untuk perbendaharaan kata. Biasanya kosakata yang digunakan untuk teks mempunyai karakteristik tersendiri.

CIRI – CIRI TEKS EDITOR
Untuk bisa membedakan antara teks editor dengan jenis teks lainnya, maka caranya adalah mengetahui ciri-ciri dari teks itu sendiri. Ciri-ciri dari teks editor sendiri bersifat sistematis dan logis, tajuk rencana bersifat argumentatif, dan menarik untuk dibaca. Selain itu ciri lainnya adalah tema yang ditulis sendiri sedang dibicarakan secara luas di kalangan masyarakat.

TUJUAN PENGGUNAAN TEKS EDITORIAL
Tujuan dari teks editorial sendiri adalah memberikan pandangan terhadap kalangan masyarakat terhadap isu yang sedang berkembang di lingkungannya. Selain itu juga mengajak masyarakat (pembaca) agar dapat ikut campur dalam isu yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat.

Sumber: infoana.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close